sakura

Sunday, March 17, 2013

katrol listrik


KEGUNAAN ELEKTROMAGNETIK
Prinsip elektromagnetik banyak dimanfaatkan dalam pembuatan alat-alat yang menggunakan listrik. Prinsip elektromagnetik digunakan sebahagian besar sebagai dasar kerja dari peralatan listrik, salah satunya katro listrik.
Seperti yang telah kita pelajari pada bab awal,Elektromagnet dapat digunakan untuk memindahkan dan mengangkat benda-bendamagnetik, seperti besi. Namun, Elektromagnetyang besar seperti alat pengangkat besi ataukatrol listrik digunakan untuk mengangkatsampah logam atau besi yang tidak terpakai.Terutama saat selesai proses pembangunangedung atau kepingan-kepingan badan kapalbesar yang tidak terpakai.

Ø Katrol Listrik (Alat pengangkat besi)
Jika inti besi dibengkokkan (berbentuk U), tentu magnet seperti itu mempunyai daya tarik lebih kuat. Inilah yang menjadi prinsip kerja alat pengangkat magnetik. Untuk memperbesar gaya tarik alat, dapat dilakukan dengan cara menambah lilitan dan menambah arus listrik. Dewasa ini alat pengangkat magnetik digunakan untuk memisahkan bahan logam dengan bahan bukan logam, misalnya pada tempat pembuangan sampah modern memudahkan pekerjaannya dengan menggunakan katrol listrik.
Ø   Pengertian  Katrol Listrik

Katrol Listrik adalah elektromagnetik yang besar digunakan untuk mengangkat sampah logam yang tidak terpakai. Apabila arus dihidupkan katrol listrik akan menarik sampah besi dan memindahkan ke tempat yang dikehendaki.

Ø   Prinsip Kerja Katrol Listrik

Apabila arus listrik dihidupkan alat pengangkat besi dan katrol listrik akan menarik sampah beso dan memindahkannya ke tempat yang dikehendaki. Apabila arus listrik dimatikan, sampah besi tersebut akan jatuh, dengan cara ini sampah yang berupa tembaga, aluminium, dan seng dapat dipisahkan dengan besi.

Ø   Kebaikan katrol listrik adalah:
a.                 mampu mengangkat sampah besi dalam jumlah besar
b.                 dapat  mengangkat/memindahkan  bongkahan  besi  yang  tanpa rantai
c.                  membantu memisahkan antara logam feromagnetik dan bukan feromagnetik.

Ø    Kekurangan menggunakan katrol listrik adalah :
a.                 katrol listrik sangat bergantung dengan arus listrik
b.                 apa bila arus listrik mati, seketika pula sampah yang diangkutnya akan jatuh berhamburan.

2 comments: